6 Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Saat Mau Ngecas HP

Halo Minna! Balik lagi nih dengan mimin fumi, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips kepada kalian Tentang masalah Ngecas HP nih, tentu kalian pada punya hp semua kan? pernah gak sih kalian ngecas hp itu lamaaa banget, pas udah full eh dipake bentar udah mau habis aja batrenya, jika itu pernah terjadi maka bisa jadi disebabkan oleh cara pengecasan hp kalian yg kurang bener dan pada akhirnya membuat performa baterai HP kalian jadi melemah dan gak maksimal bahkan bisa bisa jadi rusak.


jujur mimin juga pernah mengalami masalah yg sama dan setelah membaca beberapa artikel akhirnya mimin paham bahwa cara pengecasan hp mimin lah yang salah dan terkesan sembarangan, jadi intinya ada beberapa hal yg tidak boleh dilakukan saat ngecas hp, dan hal-hal tsb sering kali tidak dipedulikan oleh kebanyakan orang yg akhirnya malah bukan ngecas batre hp supaya full tapi malah membuat batre hp jadi rusak. maka dari itu sebelum terlambat yuk simak hal-hal apa aja yang gak boleh dilakukan saat ngecas hp. Cekidot:

1. Pake Charger hp lain, KW atau bukan aslinya

Yang pertama ini nih, sering kali kita saat mau ngecas hp malah tidak peduli dengan charger yang dipakai, istilahnya senemunya, hpnya xiaomi nemu charger samsung yaudah pake aja yang penting ngecas, STOP! jangan diulangi lagi, kenapa? karena masing masing vendor hp telah memberikan dan mendesain charger yang paling pas dan terbaik untuk smartphone buatan mereka. jadi yang terbaik adalah ya charger bawaan dari pabrik dan biasanya lain hp maka sistem chargernya juga beda, maka dari itu jangan sampe sembarangan make charger, disarankan untuk menggunakan charger yang ORI atau satu merek dengan hp kalian. xiaomi ya make charger xiaomi, samsung ya make charger samsung begitu juga dengan merek merek yang lain. kecuali jika kalian make travel charger yg memang umum untuk semua hp tapi arus output dari travel charger yang dipakai  juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan hp kalian, kemudian mereknya juga harus ORI, biasanya sih merekknya yg terkenl tuh kayak, Remax, Robot, Hippo, Fleco dll. 

2. Ngecas Hp sambil dipake
Kemudian Ini lagi, pasti kalian pernah kan? kerjaan belum beres atau chatan sama doi lagi seru serunya eh batre hp mau habis yaudah cas aja lah sambil lanjutin chat, ok bro hentikan ya kebiasaan buruk itu, kelakuan kayak gitu justru sangat tidak baik untuk baterai hp kalian, secara logika hp jika digunakan otomatis dia mengeluarkan tenaga, sedangkan jika dicas mengisi tenaga, jika kalian ngecas hp sambil dipake otomatis ada bentrok disitu antara tenaga yg dikeluarkan dan tenaga yang dimasukkan untuk mengisi baterai dan jumlah arus yang masuk ke batre dengan arus yang dikeluarkan tentu tidak sama dan ini akan membuat umur baterai kalian semakin cepat habis, maka dari itu coba tahan lah, cas hpnya terus yaudah gak usah dipake diemin aja dayanya terisi cukup, kalo pun lagi seru2nya chatan ma doi, ya pamit dulu minta waktu "Sorry Yang hp gue batrenya habis, aku cas dulu ya" gitu tuh baru bener. dari pada dilanjutin batrenya rusak kan jadi gak bisa chatan lagi.

3. Ngecas hp padahal dayanya masih banyak
tak jarang kita terlalu sering ngecas, daya masih tersisa 60% karena gak ada kerjaan yaudah cas aja lah buat nanti kalau ada keperluan hpnya udah full, ini pemikiran yg kurang bener juga, karena sebenernya itu malah akan memperpendek umur baterai. sisa baterai yang aman untuk dicas itu minimal 40% dan paling baik kalo udah 20% baru di cas,
tapi juga jangan sampe ngecas saat baterai dibawah 15% ya atau malah sampe habis blas 0% itu juga gak baik.

4. Ngecas sampe full atau ditinggal tidur semaleman
Hah? ngecas sampe full gak boleh? yah banyak yang salah kaprah masalah ini, ternyata mengisi baterai sampe full 100% itu kurang baik, dan ini kayaknya sering dilakukan yah bahkan biasanya sebelum tidur hpnya di cas terus ditinggal semaleman. padahal idealnya adalah cas sampe 80% atau 95%  baru cabut colokannya,
jadi sekarang jangan cas sampe full ya karena beberapa smartphone jika keseringan dicas sampe full malah akan memperpendek usia baterai, walaupun ada sih baterai generasi baru seperti Li-Polimer itu aman walaupun dicas penuh tapi tetep aja si pencipta tetep menyarankan untuk baterai ini dicas paling mentok 95% sedangkan untuk baterai jenis li-ion paling aman dicas sampe 80-90%. seperti itu.

5. Ngecas Hp tanpa melepas case nya
Ternyata ini juga gak boleh gan. karena beberapa smartphone biasanya kalo dicas suhunya bakalan naik nah kalo casenya gak dilepas bisa bisa suhunya ketahan sama casenya dan membuat suhu smartphone semakin naik dan naik dan ini gak baik untuk baterai.
walaupun untuk beberapa smartphone jenis baru hal ini sebenernya sudah gak terlalu berpengaruh tapi alangkah baiknya dilepas saja casenya untuk jaga jaga saja, yah diibaratkan kalo kalian lagi gerah sedangkan kalian make jaket, nah pastinya kalian akan melepas jaketnya kan biar gak tambah gerah. yah mirip kayak itu

6. Ngecasnya Make Powerbank KW abal abal
Gak apa apa sih ngecas make powerbank, asalkan powerbank yang kalian pake bener gak KW dan cocok dengan sistem HP kalian, jangan sembarang powerbank dipake, karena itu malah mempendek usia baterai dan ingat kalo milih powerbank jangan cuma tergiur dengan harga murah karena banyak sekarang powerbank2 yg embel embelnya 80.000 mah tapi harganya 75.000 itu mah mitos! bohong! yg beli goblok! asal kalian tau powerbank paling mahal aja gak ada yang ngasih sampe 80.000 mah, jadi hati hati, lagian sekarang kan banyak tuh vendor2 hp yg juga ngeluarin powerbank kayak Oppo, Xiaomi sama asus. 
Nah kalo bisa make powerbank yg semerek dengan hp kalian, tapi tetep harus yang ori ya. untuk powerbank lain seperti Remax, Hippo terus vivan dll. itu bisa kalian pake, walaupun mahal yang penting kan aman untuk smartphone kita.

Nah kira kira segitu aja ya tips dari mimin, semoga kebiasaan buruk kita saat ngecas hp berhenti dari sekarang demi kelangsungan hidup smartphone kita (helllleeehh), oke cukup sekian dari mimin semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Saat Mau Ngecas HP"

Post a Comment