Yuk! Kenali Istilah-Istilah Yang ada dalam Dunia Anime

Ketika Kita masuk ke dunia Anime pasti pernah muncul beberapa istilah yang kadang sangat Asing ditelinga kita,  Semisal Waktu gue masih baru-baru suka anime nih, sering banget denger istilah "OVA" lah, "MOE" lah, "OTAKU" lah, "Neet" lah dll, dalem hati gue jerit "itu sebenernya apaan sih?!" soalnya kadang-kadang istilah kayak gitu kagak ada yg jelasin tau-tau diomongin aja, Jadi ya terpaksa mudeng sendiri.
Nah karena berhubung Gue udah berpengalaman nih (sok banget gue ya) buat kalian yg masih bingung dengan istilah2 yang ada di Anime biar gak ketinggalan jaman, Nih gue Kasih pencerahan:

1. Wibu/Weibo/Weaboo
Istilah ini sering banget muncul kalo pas ada di grup Anime, ada yg bilang "wibu lu njir!" "kamvret wibu!" Apaan sih artinya? sebenernya ini sebutan untuk orang asing (bukan dari jepang) yg tertarik banget dengan negara Jepang, atau malahan Pengen jadi orang jepang dan menganggap negara jepang lebih baik dari negaranya sendiri (ane pernah kyk gitu -_-), bahkan yg lebih parah lagi ketika berbicara seorang wibu malah menggunakan bahasa Jepang padahal dia bukan berada di jepang dan jelas sekali orang lain gak bakal ada yg ngerti. (gue pernah kyk gitu -_-)

2. OTAKU
Kalo ini pasti kalian sering denger kan? Nah arti sebenernya itu adalah sebutan untuk orang yg sangat menekuni hobinya, tapi sekarang OTAKU lebih digunakan sbg sebutan untuk Orang yg sangat menyukai hal-hal berbau Anime, Manga, bahkan yg lebih Parah seorang OTAKU rela mengeluarkan uang berjuta-juta untuk membeli hal2 yg berkaitan dengan anime yg ia suka seperti Action Figure contohnya. di jepang sendiri OTAKU dipandang sbg (maaf) Sampah masyarakat sehingga banyak para OTAKU yg menyembunyikan identitasnya.

3. Hikkikomori
pernah denger? mungkin jarang ya... kalo ini sih sebutan buat Orang yg mengurung diri didalem rumah/kamar/ruangan dan gak bakal mau keluar untuk bersosialisasi dg orang lain bahkan ia gak mau ketemu orang secara real, kalo pun keluar biasanya cuma buat beli makanan ato keperluan lainnya setelah  itu seorang hikkikomori ngurung lagi deh di dalem rumah/kamar.

4. NEET : Singkatan dari Not in Education, Employment and Training, Alias "Pengangguran" dan NEET sangat erat hubungannya dengan Hikkikomori.
5. Cosplay : kalo ini sih Kegiatan meniru Tokoh yg ada didalam Anime, mulai dari pakaian, perlengkapan dan Tata Rias semuanya ditiru sampai semirip mungkin dengan karakter yg ditiru
6. Crossover : persilangan/gabungan dari dua Seri atau lebih yg berbeda, jadi jika kalian pernah liat manga yg didalemnya ada karakter dari anime lain misal naruto vs goku nah itu namanya crossover, dan crossover juga bisa berarti Peran yang dilakukan oleh karakter dari Anime/seri lain bisa dibilang Cosplay in Anime
7. Fanservice : mungkin kalian pernah denger? kalo ini sih berupa gambar/materi2 yang muncul dalam anime/manga, yang sebenernya gak ada hubungannya ama jalan cerita, jadi intinnya itu cuma untuk memuaskan pemirsa.

8. OVA : Original Video Animation, Episode tambahan dari Anime yg diedarkan dalam bentuk Format Video dan OVA tidak tayang di televisi
9.OAD : “Original Animation DVD” Hampir sama seperti OVA, OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser disc, CD dan kemudian DVD.
10. RAW : Raw bukan singkatan ya.... istilah ini digunakan untuk manga atau anime yang masih Raw(mentah), jadi masih pakai bahasa jepang, atau belum ada subtitle-nya (belum diterjemahin)

11. OTP : Singkatan dari One True Pairing, yaitu pasangan yang dipilih oleh kalian karena menurut kalian cocok untuk dipasangkan dan ditakdirkan satu sama lain. Hehe. misalnya kalo OTP gue nih Ichijou Raku X Onodera dari anime Nisekoi (#team Onodera)

12. BL : adalah singkatan dari Boy’s love. BL biasanya digunakan untuk menyebut anime atau manga yang menceritakan kehidupan percintaan antara cowok sama cowok. Jadi kalau kamu nemu istilah ini ati-ati ya. Hehe.

13. Shonen-Ai : Untuk menunjukkan anime atau manga yang membahas romance antara cowok sama cowok. Biasanya kisah cinta yang disampaikan adalah kisah cinta yang platonik.
14. Shojou-Ai : kebalikan dari shonen ai, shoujou ai mengambil kisah romance antara cewek sama cewek.

15. Yaoi : Mirip dengan shoujo ai, tapi yaoi nggak cuman ngebahas romance cowok sama cowok tapi juga mulai mengarah ke arah erotisme dan sebenernya ditujukan untuk penonton dewasa.
16. Yuri : kebalikan dari yaoi, romance cewek sama cewek tapi juga mulai mengarah ke arah erotisme dan adegan dewasa.

18. Bishounen :  Sebutan untuk karakter atau seorang laki-laki yang punya Tampang Ganteng yang menawan atau juga disebut pretty-boys.
19. Bishoujo : Kebalikan dari Bhisounen kalo yang ini sebutan untuk karakter Cewek yg Punya Tampang luar biasa Cantiknya, Cantiknya Kebangetan >_<

20. Waifu : Ane paling sering nih denger ini, sebenernya waifu itu berasal dari kata ‘wife’ yang artinya istri. Jadi Waifu adalah sebutan untuk karakter perempuan (anime/manga) yang sangat disukai dan merasa karakter tersebut adalah ‘istri’ khayalan. Biasanya waifu adalah sosok yang sangat diinginkan atau diidamkan. (waifu ane Kuriyama mirai)
21. Husbando : Sama kayak waifu, Tapi yg ini Laki, seperti yg bisa dilihat husbando berasal dari kata ‘husband’ yang artinya suami. Husbando adalah sebutan untuk karakter laki-laki (anime/manga) yang sangat disukai dan merasa karakter tersebut adalah ‘suami’ khayalan. (cewek biasanya nih)

22. Fujoshi :  sebutan untuk cewek yang suka dengan manga/anime bertema Yaoi.
23. Fudanshi : sebutan untuk cowok yang suka dengan manga/anime bertema Yaoi.

24. Loli : sebutan untuk karakter gadis kecil, atau orang yang sudah dewasa tapi memiliki tubuh seorang anak kecil.
25. Lolicon orang dewasa (laki) Pecinta Loli (anak kecil)
26. Shotacon orang dewasa (cewek) pecinta loli

27. Meganeko : Megane=kacamata dan Ko=Perempuan, jadi meganeko adalah sebutan untuk Gadis Berkacamata
28. Nekomimi : “Catgirl” Karakter perempuan dengan telinga kucing dan atau ekor kucing.
29. MOE : hmmm gimana jelasinnya ya... intinya MOE itu cenderung ke paras wanita yg Cantik dan Imut secara alami yg gak dibuat buat, bisa bikin cowok yg liat jadi ahhhhh kayak dibawah nih...

30. Maid : Pelayan atau pembantu yang biasa diperkerjakan di rumah2 bangsawan inggris. Seiring banyaknya anime/manga yang menggunakan karakter ini, maid menjadi sangat populer di Jepang.
31. Maid Cafe : “Meido Cafe” Salah satu cosplay cafe terpopuler. Adalah cafe atau restoran yang pelayan/waitress-nya menggunakan baju Maid dan melayani pelanggan seakan2 melayani tuannya di rumah..

32. Harem : Harem adalah genre dalam sebuah anime yang kisahnya mengenai seorag tokoh laki-laki yang dikelilingi wanita-wanita di sekelilingnya. Biasanya kalau genre harem ini semua karakter cewek di anime atau manga bakal suka sama si pemeran utama cowok. Yah, namanya juga harem.
33. Reverse Harem : Kalau reverse harem adalah kebalikan dari genre harem. Jadi pemeran utamanya seorang cewek dan dia bakal dikelilingi sama cowok-cowok keren yang jatuh cinta sama dia.
34. Guro : Biasanya guro bergabung dengan GENRE horror, tapi sebenarnya, guro adalah istilah untuk cerita yang banyak menampilkan, adegan2 Deep seperti organ tubuh manusia tercerai berai, potong sana, potong sini.. yg gak kuat bisa muntah
35. MECCA : salah satu genre Anime/manga yg bertema Robot
36. Nijikon : “Nijigen kompurekkusu / 2D-Complex” Orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video.
37. San-jigen : sebutan para otaku pada manusia normal (3 dimensi)
38. Trap : sebuah istilah untuk Laki-laki yg biasanya berwajah cantik dan dari luar mirip perempuan, yang kadang menggunakan baju perempuan (crossdressing).
39. Reverse Trap : kebalikan dari trap kalo ini cewek yg kayak cowok

40. Comiket : Comic Market Pameran atau book fair yang diadakan di Jepang setahuun dua kali, selalu dijejali penggemar komik yang berburu doujin menarik figurin maupun produk-produk yang masih related dengan anime dan manga. Festival ini selalu di tunggu-tunggu oleh para otaku di jepang.
42. Chara : karakter/tokoh yang ada dalam anime (chara–>character)
43. Doujinshi : semacam fanart,yaitu membuat cerita sendiri dg karakter dari anime/manga yang sudah ada atau populer.
44. Fanart : karya para fans berupa gambar chara yang mereka inspirasi dari anime/manga favorit mereka.
45. Fanfic : cerita karangan dari fans yang menggunakan tokoh/karakter ataupun modifikasi cerita dari sebuah anime/manga.(singkatan dari fanfiction)
46. Manga :  sebutan untuk komik buatan Jepang
47. Mangaka : pembuat Manga
48. Ecchi : salah satu genre yg menunjukan sedikit konten vulgar. Ecchi merupakan lafalan bahasa Jepang pada huruf roman ‘H’ dan H Ini mewakili hurup pertama Hentai, namun Ecchi tidak sampai pada tahap seksual cuma nyampe dehemehem doang.
49. Hentai : tingkat lebih tinggi dari Ecchi yg sampai menunjukkan adegan seksual
50. Seiyuu : dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber.
51. VN | Visual Novel : Salah satu media digital untuk menerbitkan cerita dalam wujud game. Umumnya banyak menggunakan gambar illustrasi statis untuk membantu cerita. Sering memiliki plot cerita yang bercabang, meski masih ada juga yang linear untuk VN dengan biaya rendah. VN juga sering disebut dengan Eroge karena mayoritas yang beredar di pasar memiliki konten R-18. Dalam VN, kita yang menentukan jalan ceritanya sehingga ending cerita pun akan berbeda-beda.
52. Eroge : Visual novel yang memiliki konten mature, nudity dan sexual intercourse. Penjualan eroge di Jepang terbatas untuk umur 18 tahun ke atas. Umumnya mengandung Hal-hal berbau Ecchi dan pornografi.
53. Heroine : ini bukan jenis narkoba ya.... tapi heroine disini lebih cenderung ke karakter cewek utama yang biasanya suka atau deket dengan tokoh utama bahkan kalo di anime genre harem heroinenya bisa lebih dari 3.

Nah Gimana? udah nambah wawasannya kan? mungkin cukup segitu dulu, kalo dilihat emang ada banyak banget ya istilah2 dalam anime, tapi kalian gak harus hafal kok yg penting pernah tau itu udah cukup.


Walaupun sebenernya masih ada banyak istilah lagi yg gak ane tulis seperti  "macam-macam istilah dere yg ada di Anime". Yang penting Fumi udah berbagi, karena apa yg kita tau kalian juga harus tau. 

17 Responses to "Yuk! Kenali Istilah-Istilah Yang ada dalam Dunia Anime"

  1. No 15 salah, hrsnya sm kea shonen ai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih genre itu mengarah ke penonton cewek juga, tapi menurut mimin yaoi itu kebalikan dari shoujou ai

      Delete
  2. gan tambahin lagi, ane masih kurang nangkep istilah nama kaya (kun,sama,chan, dan sebagainya) maklum dulu ga terlalu tertarik sama anime sebelum mengenal anime Berserk sama gangsta :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kun untuk panggilan ke cowo yang sudah kenal, sama untuk panggilan ke orang yg special, Chan kebalikan dari Kun ,Selebihnya ada san untuk panggilan orang yang belum terlalu dikenal.

      Delete
  3. milf hehe, habis kayaknya semua dah tau itu.. intinya emak2 cakep

    ReplyDelete
  4. Kalau menurut gua sih yah.. kayaknya Yaoi & Yuri itu lebih ke sebutan.. Maksudnya seperti yuri.. Itu sebutan untuk seorang cewek yang jatuh cinta/menyukai seorang cewek tetapi bukan sebagai teman biasa melainkan sangat lebih sehingga beralih ke ciuman/bahkan yang lain².. Atau lebih simpelnya seperti Lesbian. Yah! kecanduan seksual antara sesama perempuan gitu.

    ReplyDelete
  5. Mc apa bng? saya sering denger heroin sama mc tpi skrng cuman mc yg ga ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main character atau bisa disebut pemeran utama

      Delete
  6. Ni admin kayanya suka banget sama anime Nisekoi. Btw gue team Chitoge

    ReplyDelete
  7. kenapa banya org yg suka raku dan onodera padahal menurut w raku itu cocok ama chitoge

    ReplyDelete
  8. Kalo umurnya 11-19 disebut apaan min

    ReplyDelete
  9. sebutan buat pecinta hentai min?

    ReplyDelete
  10. kek nya bagian shotacon slah deh, setauku shotacon itu orang dewasa cwek/cwok yg suka anak kecil (cowok)

    ReplyDelete