Cara Menonaktifkan/Mengganti Fungsi Salah Tombol Keyboard Laptop/komputer

Yosh Minna! kali ini fumi-web bakal ngasih tutorial nih buat kalian yg mungkin punya laptop/komputer yg tombol keyboardnya ada yg rusak, disini saya gak bakal ngasih tutorial cara membaikinya ya.... soalnya saya sendiri gak tau caranya... hehehe. yg bakal saya kasih adalah cara mengatasinya yaitu dengan menonaktifkan tombol yg rusak dan mengganti fungsinya dg tombol lain. 
Yah seperti yg baru-baru ini saya alamin.... waktu itu entah kenapa tiba-tiba laptop yg biasa saya pake tombol Deletenya Rusak (bukan  tombol backspace yah), hah tombol delete? ahh itu tombol yg jarang digunakan... ehh mungkin iya saya jarang make tombol itu tapi masalahnya kalo udah waktunya kambuh itu tombol malah neken2 sendiri padahal saya gak neken, dan kalian tau delete itu fungsinya apa? yap delete itu fungsinya menghapus, dan kalian tau apa yg terjadi jika tombol itu menekan sendiri terus menerus? yap bisa ditebak setiap saya mengklik file yang ada dalam laptop bisa2 file2 tersebut kehapus semua tanpa sadar, oh ya Allah cobaan macam apa ini....(Anime kesayangan gue hampir jadi korban hiks...hiks).
oke itu adalah kilas balik pengalaman saya, nah setelah itu saya nyoba nyari solusi dan ternyata ada, cara termudah adalah dengan menonaktifkan tombol yg rusak dan mengganti fungsinya dg tombol lain, dan alhamdulillah itu bisa di lakukan dengan aplikasi bernama "Key tweak" yeeee... gue doain yg bikin nih aplikasi mukenya ganteng selalu... hehehe, oke buat kalian yg punya masalah yg sama bisa disimak tutorialnya:
Bahan yg diperlukan:
  • punya keyboard (ya iyalah)
  • tombol keyboardnya kudu ada yg rusak! (kalo gak rusak ngapain nyari solusi)
  • Punya aplikasi "Key Tweak" download Disini  Atau disini
Berikut Tutorialnya :
1. Install dulu "key tweak" kemudian buka, Disini akan terlihat tombol2 keyboard yg diwakilli dg angka
2. untuk mengetahui itu tombol apa tinggal di klik aja angkanya dan akan keluar keterangan ttg tombol tersebut, seperti contoh saya pilih tombol angka "76" yg merupakan perwakilan tombol "delete", Setelah kalian menentukan tombol mana yg ingin dinonaktifkan, klik pada "Disable key"

3. kemudian klik "Apply"
jika ada peringatan/perintah restart pilih Yes aja, setelah diresart maka otomatis tombol yg kalian nonaktifkan gak akan berfungsi lagi, Nah jika kalian merasa tombol yg dinonaktifkan tadi itu cukup penting, maka selanjutnya kalian bisa mengubah fungsi tombol lain sbg pengganti fungsi tombol yg kalian nonaktifkan tadi, dalam hal ini saya mau mengganti fungsi tombol "Home" ke fungsi "Delete", karena menurut saya fungsi tombol home itu gak penting2 amat saya juga jarang make jadi saya akan gunakan tombol home sbg pengganti tombol delete.

Cara mengganti Fungsi Tombol lain
1. Buka "key tweak" kemudian pilih tombol yg akan digunakan sbg pengganti dalam hal ini saya pilih tombol nomor 80 yg merupakan tombol "Home"

2. Pada "Choose new remapping" kalian pilih fungsi yg diinginkan, dalam hal ini karena saya ingin tombol Home menjadi pengganti tombol delete maka saya pilih fungsi "delete"

3. Kemudian klik "Remap Key" dan klik "Apply"
Setelah itu akan ada perintah untuk merestart komputer, pilih Yes aja, setelah di restart Taraaa silahkan di coba, tombol delete yg awalnya menekan sendiri sekarang jadi mati, dan tombol home sekarang fungsinya berubah jadi tombol delete, yeeeeee Alhamdulillah masalah bisa teratasi (^_^).
Nah kalo misal kalian ingin mengembalikan keyboard ke fungsi awal, kalian cukup buka aplikasinya dan pilih "Restore All to Defaulth" kemudian restart maka keyboard kalian pun akan seperti dahulu kala.
Oke minna! cukup sekian tutorial yg bisa fumi-web bagi, Rasanya senang sekali bisa berbagi.
karena Apa yg Kita Tau Kalian Juga Harus Tau..., Okelah semoga bermanfaat buat kalian semua dan Terima kasih sudah berkunjung. Mata asta neee..... (sampai jumpa lagi) 

5 Responses to "Cara Menonaktifkan/Mengganti Fungsi Salah Tombol Keyboard Laptop/komputer"