Mari Kenali 13 Tipe Dere yang ada di dalam Anime! favoritmu yg mana?

Halo Minna!! untuk melengkapi pengetahuan kalian ttg Anime, kali ini Ane bakalan ngasih informasi ttg "Tipe Dere yang ada di dalam Anime", waktu nonton Anime pasti kalian pernah kan denger kayak "Tsundere" lah, yandere lah dll, sebenernya itu apa sih? dere itu apaan? sejenis kacang-kacangan? (Ya nggak lah)


Nah untuk menjawab itu kita kenali dulu yg namanya MOE, moe? apan lagi noh? di artikel sebelumnya "Yuk! Kenali Istilah-Istilah Yang ada dalam Dunia Anime"  kita tau bahwa Secara umum "moe" berarti sebutan imut atau cute untuk karakter manga/anime perempuan yang disukai. Moe itu ada beberapa macam yg disebut Dere.
Sedangkan dere? Dere adalah singkatan dari dere dere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta, dengan kata lain menjadi lovey dovey di depan orang yang disukainya.

Nah  kalian udah paham kan? Sekarang yuk kenali macam2 dere yg ada di Anime

1. Tsundere
Tsundere berasal dari kata Tsun Tsun yang berarti jutek, dingin dan galak kemudian Dere-dere kalo gak salah sih artinya Malu-Malu (agak lupa ane) Intinya sih Tipe ini biasanya terlihat Jutek, suka marah, memiliki sorot mata yang tajam dan garang terhadap semua orang. Namun, tipe Tsundere ini Sebenernya punya sisi Baik dan manis biasanya Tipe Tsundere akan menunjukan sikap yang manis dan pemalu jika berhadapan dengan orang yang dia sukai. Bahkan, seringkali tipe ini juga tidak mengakui kalau dirinya memang mencintai orang tersebut, yah mirip kayak Mau tapi Malu. Contoh karakter Tsundere nih:
Chitoge Kirisaki-Nisekoi

Aisaka Taiga-Toradora

2. Yandere
Yandere berasal dari kata Yanderu yang berarti Gangguan Mental. Tipe Yandere jika dilihat dari luar dia akan terlihat seperti orang biasa tapi sebenernya ia merupakan karakter berbahaya yang tidak akan berfikir dua kali untuk menyakiti seseorang. Seperti maknanya, keadaan mental Yandere biasanya tidak stabil. Sedikit pemicu saja dapat membuat tipe Yandere menajdi Gila dan melampiaskan emosinya melalui kekerasan. Tipe Yandere juga tidak akan segan melakukan pembunuhan hanya dengan dasar Cinta atau kecemburuan semata. Contoh untuk yandere nih
Yuno Gasai - Mirai Nikki

Katsura kotonoha -School day

3. Kuudere
Berasal dari kata “cool” yang kalo di jepang biasa dibaca “kuu”. Kuudere lebih kaku dibandingkan tsundere, sorot matanya lebih tajam, dan sikapnya lebih dingin atau tanpa emosi. Gaya bicaranya lebih kaku dan formal. Tapi walaupun kayak gitu, jangan salah, kalau dia sudah masuk “deredere” mode atau udah menemukan cintanya sikapnya bisa berubah luar biasa manis dan pasti kalian langsung jadiin dia waifu hehehe. untuk Contohnya:
Tachibana Kanade-angel beats

Shiina Mashiro - sakurasou no pet na kanojo

4. Dandere
Dandere berasal dari kata danmari yang berarti Pendiam dan Pemalu, Seperti namanya, dandere memang sangat jarang berkomunikasi,  walaupun ia termasuk karakter yg peka terhadap lingkungan sekitar ia selalu mengandalkan dirinya sendiri untuk segala hal, sehingga hal inilah yg kadang membut karakter dandere selalu terlihat sendirian atau hanya punya sedikit teman, Tapi jika sudah menemukan cinta sejatinya ia akan menunjukkan sisi baik dan manisnya kepada orang yg ia sukai. Contohnya kayak:
Sonoda Umi - love live school idol

Yuki Nagato - suzumiya haruhi no yuutsu

5. Yangire
Karakter yangire memiliki kemiripan dengan yandere. Kata yangire sendiri merupakan singkatan dari "yanderu" (やんでる) yang berarti sakit secara mental atau emosional dan "kire" (きれ) yang berarti memotong atau menebas.
seperti yandere Awalnya, dia terlihat baik dan manis tetapi kemudian akan menjadi sangat agresif dan psycho. Hanya saja, berbeda dengan yandere yg menyakiti lawannya karena cinta, maka karakter Yangire biasanya menyakiti lawannya hanya karena kesal/ada masalah keluarga/teman, tipe ini memiliki rasa sakit hati tanpa adanya landasan cinta sehingga ia akan menyakiti siapapun tanpa belas kasih.
Kurumi tokisaki - Date A live

Seryu - Akame ga kill

6. Kamidere
Berasal dari kata “kami” yang berarti dewa atau dewi, dan “dere dere”. Kamidere adalah karakter yang mempunyai kekuatan spesial sehingga ia menganggap dirinya sebagai dewa, karena itu ia menjadi sangat sombong dan bertindak semaunya terhadap orang lain. Tetapi seluruh kesombongannya itu hilang dan ia menjadi rapuh ketika berada di dekat orang yang di sukainya.
izurugi mio - MM!


Haruhi suzumiya-suzumiya haruhi no yuutsu

7. Himedere
Berasal dari kata “hime” yang berarti putri dan “dere dere”. Himedere digambarkan sebagai seorang gadis yang kaya dan selalu dimanja seperti seorang putri sehingga sifatnya menjadi egois, tetapi ia akan menjadi rapuh ketika berada di dekat orang yang disukainya. Tokoh ini biasanya digambarkan memiliki harga diri yang tinggi.
Kashiwazaki sena-haganai

Mio Aoyama -Kami Nomi zo Shiru Sekai


8. Goudere
Tipe dere yang memposisikan dirinya untuk mengabdi pada orang yang di cintainya, ia rela melakukan apapun dan rela mengorbankan dirinya untuk orang yang ia cintai. Ada juga yang bilang kalau tipe goudere adalah tipe orang yang melakukan apa yang dia mau kepada orang yang disukainya yang dianggapnya sebagai “master”. Kata “gou” dalam goudere mungkin berasal dari kata “gougou” yang berarti kehingarbingaran.
Haku-Naruto

Yukimura - Haganai

9. Deredere
Deredere adalah kata asli dari berbagai tipe dere. Deredere adalah tipe yang menunjukkan sikap aslinya pada orang lain, biasanya bersifat manis, pemalu dan rapuh namun sangat baik kepada temannya. Salah satu contohnya adalah Asahina Mikuru dari Suzumiya Haruhi no Yuutsu.
Kuriyama Mirai - kyoukai no kanata

Super Sonico-SoniAni

10. Gundere
Diambil dari kata gun yang artinya pistol dan dere-dere. Hampir sama degan tsundere yang dingin, galak dan jutek namun menjadi manis jika berada di dekat orang yang dia sukai. Ketika marah, dia akan menembakkan berbagai jenis senjata api sebagai pelampiasan amarah. Contohnya adalah Misato Tachibana dari Nichijou.

Tsugumi seishiro - nisekoi

Misato tahibana-nishijou

11. Dorodere
Dorodere berasal dari kata Dorodoro yang berarti Berantakan atau Kacau. Kebalikan dari Tsundere, Tipe Dorodere ini sendiri biasanya ditujukan kepada karakter yang memiliki sifat yang manis dan penuh dengan kasih sayang. Namun, di dalam hatinya, tipe dorodere ini sebenarnya memiliki kisah yang sangat kacau dan penuh dengan permasalah yang bahkan tidak bisa selesaikan. Meskipun begitu, perasaan dorodere selalu dipendam dan dilampiaskan lewat senyuman, Contoh karakter dengan tipe Dorodere :
Lunar (Seto no Hanayome)

Arisano kano- sket dance

12. Mayader
Mayadere bisa dibilang merupakan salah satu tipe yang cukup berbahaya dan menakutkan. Dalam cerita anime, biasanya tipe mayadere akan berniat untuk membunuh si karakter utama. Namun, pada akhirnya si Mayadere malah jatuh cinta dan malah bergabung dengan si karakter utama dalam keadaan tertentu. Dapat diibaratkan tipe Mayadere ini merupakan gabungan antara Yandere dan Tsundere. Salah satu ciri khas dari karakter ini adalah selalu membuat candaan dengan kata-kata yang mengancam seperti "Aku ingin membunuhmu!" Berikut contoh dengan tipe Mayadere :
Yami (To Love-Ru)

Illyasviel von Einzbern (Fate/Stay Night)

13. Onidere
Berasal dari kata “oni” yang berarti setan atau iblis dan “dere dere”. Karakter ini sangat kuat, lebih dari manusia biasa. Karakter ini juga sangat rupawan tetapi hanya sedikit orang yang mendekatinya karena kekuatan penghancurnya. Karakter ini mungkin mempunyai orang yang disukai tetapi harus menyembunyikannya untuk menjaga imejnya sebagai yang terkuat.
Onizuka Hime-sket dance

Tokiwa Kamikizaki (Urawa no Usagi-chan)

Nah itulah macam2 dere yg ada di Anime yg ane dapetin dari berbagai sumber hehehe, Jadi yang mana nih yg kalian suka? waifu tipe dere apa yg cocok buat jodoh kalian? (dasar jones) kalo ane sendiri sih paling suka ama yg tsunder solanya pas lagi malu-malu tuh ahhh nusuk ke hati hehehe, udahlah segitu aja dulu, semoga bermanfaat, terimakasih buat kalian semua yg udah mampir karena disini saya cuma ingin berbagi pengetahuan aja ttg hobi yg digeluti karena "apa yg kami tau kalian juga harus tau".

Baca juga : Benarkah melihat "Cewek Seksi" bisa bikin mimisan seperti di Anime? 

5 Responses to "Mari Kenali 13 Tipe Dere yang ada di dalam Anime! favoritmu yg mana?"